5 Cara Mudah Merawat Kulit Bayi Sensitif

Kulit bayi memang sangat sensitif, sehingga harus bisa melakukan adaptasi dengan perlahan terhadap lingkungan di sekelilingnya. Dengan demikian kulit bayi sangat membutuhkan perawatan yang intensif,  supaya tidak mudah menderita iritasi dan terlihat kering. Bagi Anda ibu hamil atau baru saja melewati masa persalinan, bisa menggunakan berbagai cara berikut ini dalam merawat kulit bayi sensitif.

Tuangkan baby oil ke dalam air mandinya

Bayi yang kulitnya sensitif sebaiknya tidak mandi memakai air biasa. Karena kulit bayi memiliki tekstur yang halus dan sangat sensitif. Dengan begitu sulit baginya untuk melakukan adaptasi dengan air biasa yang biasa digunakan orang dewasa.  Oleh karenanya siapkan air hangat untuk mandi bayi dan jangan lupa teteskan baby oil ke dalam air hangat tersebut tanpa mencampur dengan bahan lainnya.  Cara ini sangat tepat diterapkan, supaya kulit bayi tetap terasa lembab dan halus.

Tidak perlu memakai sabun anti bakteri

Sabun anti bakteri pada umumnya bersifat keras dan sangat tidak diperbolehkan untuk kulit bayi apalagi yang kulitnya sensitif. Supaya kulit bayi tidak mengalami iritasi, maka sangat penting untuk menghindari pemakaian sabun ini. Konsultasikan dengan dokter anak atau bidan mengenai pemakaian sabun yang paling tepat. Sehingga kulit bayi tidak mudah mengalami iritasi. Apalagi bila buah hati Anda memiliki kulit yang sangat sensitif, tentunya sangat membutuhkan perawatan yang lebih intensif dan penuh kehati-hatian.

Selalu keringkan kulit bayi seusai mandi

Segera keringkan kulit bayi dari air setelah mandi. Pastikan tidak ada bagian tubuh yang terlewatkan, sehingga masih basah. Jangan lupa untuk mengeringkan setiap lipatan kulit bayi, perhatikan juga bagian belakang lutut bayi, siku, belakang telinga dan bagian lainnya dengan teliti. Karena air mandi yang tidak langsung dikeringkan, bisa memicu beragam permasalahan kulit bayi yang sensitif.

Gunakan body lotion pada kulit bayi sensitif

Pemakaian body lotion juga sangat dianjurkan kepada kulit bayi, supaya kulitnya tetap terasa lembab.  Jadi jangan pernah lupa mengoleskan body lotion yang tentunya diformulasi khusus untuk kulit bayi. Lakukan ini setelah mandi dan kulitnya sudah dikeringkan merata memakai handuk. Dalam pemilihan body lotion harus selektif, pastikan produk kosmetik bayi tersebut tidak mengandung pewarna, pewangi dan zat kimia berbahaya lainnya.

Jangan keseringan memandikan bayi

Cara tersebut terutama  dilakukan ketika suhu udara sedang sangat dingin. Cuaca udara yang dingin ditambah dengan kadar udara rendah bisa menjadikan kulit bayi terlihat kering. Oleh karenanya sangat penting untuk tidak terlalu sering untuk memandikan bayi dalam kondisi cuaca seperti itu. Memandikan bayi normalnya adalah dua kali dalam sehari, yakni saat pagi hari dan sore hari. Tentunya tindakan ini diterapkan saat kondisi cuaca sangat mendukung.

Sumber : tipsbidan.com