bermain sambil belajar di paud

Bermain Sambil Belajar Di PAUD

Bermain sambil belajar di PAUD merupakan salah satu materi pembelajaran dalam lembaga pendidikan yang satu ini. Seperti yang kita ketahui, lembaga pendidikan anak usia dini atau PAUD sengaja dibuat khusus untuk anak-anak yang masih kecil yang pada umumnya masih berusia balita. Oleh karena itu materi pembelajaran yang diajarkan pada anak dilakukan melalui kegiatan bermain sehingga membuat anak tidak jenuh dan selalu ceria. Materi itulah yang juga dikenal dengan program bermain sambil belajar bersama.

Dengan menggunakan metode bermain sambil belajar di PAUD maka selain ceria anak akan mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan juga di dalamnya. Permainan yang diajarkan di lembaga PAUD pada umumnya bukan permainan biasa karena mengandung pembelajaraan di dalamnya. Adapun beberapa contoh permainan tersebut yaitu bermain puzzle, meniru gambar, mewarnai gambar yang disukai anak dan masih banyak lagi cara lainnya. Bahkan karena hampir semua pembelajarannya berupa permainan ada beberapa orang tua yang mengeluh karena menyekolahkan anaknya ke PAUD. Namun setelah melihat perkembangan dari anak keluh  kesah orang tuapun akhirnya terbayar.

Program bermain sambil belajar di PAUD memang dibuat khusus karena disesuaikan dengan kemampuan dan karakter anak balita. Jika tidak dibuat dengan sedemikian rupa maka bisa saja anak-anak balita tersebut merasa jenuh dan pada akhirnya mereka mengalami gangguan psikologis yang berdampak pada masa depannya. Oleh karena itu sebagai orang tua, kita tidak perlu khawatir dengan sistem pembelajaraan yang diberikan di PAUD karena memang sudah dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan kemampuan mereka. Dengan begitu anak tetap akan mengalami perkembangan, baik itu dalam bidang ilmu pengetahuan, ilmu agama dan perkembangan lainnya. Mereka juga akan tetap terlihat ceria karena tetap bisa merasakan indahnya masa kecil mereka tanpa ada batasan apapun.