makna di balik nyanyian paud

Makna Di Balik Nyanyian PAUD

Semua orang tentunya sudah mengenal nama lembaga pendidikan yang satu ini yaitu PAUD. Seperti yang kita ketahui, PAUD merupakan singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini yang artinya adalah sebuah tempat atau wadah untuk menampung anak-anak usia balita guna mempelajari ilmu dalam kehidupan. Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, anak-anak baru bisa mendapatkan bangku pendidikan pada saat usianya menginjak 6-7 tahunan. Lembaga sekolahnya juga merupakan lembaga sekolah yang sebelumnya dibuat sebagai dasar pendidikan sehingga disebut dengan Sekolah Dasar (SD).

Beranjak dari pembahasan mengenai dasar pendidikan di atas, saat ini kita akan membahas lebih dalam mengenai sekolah PAUD. Pada umumnya sekolah PAUD dibagi menjadi 2 jenis yaitu PAUD formal dan PAUD non formal. Hal yang mendasari perbedaan jenis keduanya adalah tingkatan usia anak yang menjadi muridnya serta perbedaan cara belajarnya. Meskipun berbeda namun keduanya tetap menggunakan cara yang hampir sama saat memberikan materi pelajaran seperti memberikannya melalui nyanyian-nyanyian yang di dalamnya terdapat makna pendidikan. Untuk itulah dalam kesempatan ini juga saya akan mengajak anda untuk membahas beberapa makna di balik nyanyian PAUD untuk kehidupan.

Berbicara mengenai nyanyian PAUD, kebetulan saya mengingat beberapa nyanyian yang memang hampir saya hafal karena sering mendengar saat mengantar buah hati saya sekolah di PAUD. Seperti nyanyian hymne PAUD yang menggunakan bahasa daerah Sunda yang liriknya sebagai berikut :

“abdi murangkalih PAUD, salamina berseka…ameung sareng rerencangan silih oconan silih eleudan”

Sepenggal lirik lagu di atas memiliki makna yaitu saya anak PAUD yang bersih dan selalu akrab dengan teman-teman bermain dan bercanda bersama. Makna di balik nyanyian PAUD ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan pemahaman jati diri yang baik pada anak sejak kecil. Anak akan belajar untuk menghargai dan menghormati teman sebayanya dan pastinya orang lain yang lebih dewasa. Selain lirik lagu di atas tentu saja masih banyak lagi lagu-lagu PAUD lainnya yang memiliki makna yang baik untuk kehidupan. Ada makna di balik nyanyian PAUD yang berisi nasehat seperti di atas dan ada juga lagu yang berisi ilmu pengetahuan. Dengan ditumpahkan lewat lagu maka anak-anak juga akan mudah menghapal liriknya dengan baik sehingga akan menjadi bekal tersendiri baginya nanti.