senam anak indonesia

Senam Anak Indonesia

Senam anak Indonesia merupakan salah satu kegiatan olahraga yang memiliki manfaat yang luar biasa. Oleh karena itu juga gerakan senam ini menjadi salah satu materi praktek dalam pelajaran olahraga. Olahraga itu sendiri merupakan kegiatan yang baik dilakukan karena termasuk dalam kategori pola hidup sehat. Hal itu juga yang menjadikan kegiatan senam baik dilakukan oleh semua kalangan usia mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua. Salah satu materi olahraga ini adalah senam yang kebetulan juga akan saya bahas disini. Senam merupakan gerakan olahraga yang diiringi dengan musik atau lagu khusus pengiring senamnya. Pada umumnya sebagian besar orang sangat antusias mengikuti kegiatan ini terutama anak-anak. Terlihat jelas raut wajah mereka sangat ceria dalam mengikuti gerakan senamnya.

Adapun tahapan gerakan senam anak Indonesia yang pernah saya pelajari saat saya masih bersekolah. Gerakan awal senam pada umumnya dimulai dengan gerakan berjalan di tempat. Setelah itu masuk ke bagian pemanasan bagian kepala, tangan, pinggul lalu terakhir bagian kaki. Semua gerakan tersebut pada umumnya memiliki manfaat untuk melenturkan otot-otot sehingga tidak kaku. Selain itu gerakan-gerakan senam juga diketahui mampu mengembangkan kecerdasan majemuk anak-anak. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana anak mengikuti gerakan-gerakan senam yang diajarkan oleh guru atau instruktur senamnya.

Beberapa manfaat dari senam anak Indonesia di atas tentu saja diharapkan bisa didapatkan oleh semua kalangan terutama anak-anak. Pada umumnya usia anak-anak merupakan usia dimana seseorang sedang mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang cepat sehingga harus selalu dilatih dengan baik. Melalui gerakan senam ini anak-anak akan mengalami peningkatkan kecerdasan motorik kasar, kelincahan dan kesehatan tentunya mengingat senam merupakan bagian dari kegiatan olahraga.