olahraga anak tk

Olahraga Anak TK

Kegiatan olahraga anak pada umumnya bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan motorik kasar anak. Seperti yang kita ketahui, usia anak-anak merupakan usia dimana seseorang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan cepat. Oleh karena itu selain asupan nutrisi yang baik, anak-anak juga perlu mendapatkan pelatihan berupa olahraga yang mampu meningkatkan perkembangannya. Adapun beberapa jenis olahraga yang sangat baik diajarkan kepada anak-anak karena di dalamnya terdapat banyak manfaat untuk mereka.

Beberapa kegiatan olahraga anak yang dikenal memiliki manfaat baik untuknya adalah :

  • berlari
  • melompat
  • menangkap bola
  • melemparkan bola

Kegiatan olahraga di atas pada umumnya sudah bisa dilakukan oleh anak-anak balita terutama mereka yang berusia 2-5 tahunan. Oleh karena itu untuk merangsang pertumbuhan motorik kasarnya para orang tua juga bisa mengajarkannya langsung. Melalui kegiatan tersebut maka otot-otot dalam tubuh anak juga akan semakin kuat dan tangkas. Hal itu  juga yang kebetulan sering saya ajarkan kepada buah hati saya yang saat ini usianya menginjak 5 tahun. Saat diajak untuk melakukan kegiatan olahraga tersebut, dia sangat terlihat antusias sekali. Bahkan kedepannya dia yang sering mengajak terlebih dahulu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

Adapun beberapa perkembangan yang saya lihat pada anak saya setelah saya mengajarkannya beberapa gerakan olahraga anak yang sudah pantas untuknya. Salah satu perkembangan yang saya rasakan adalah ketangkasannya saat menangkap bola sehingga saat ia akan menangkap benda lain juga, tangkapannya selalu tepat. Semua anak juga tentu saja bisa mengalami perkembangan seperti yang dialami oleh buah hati saya, asalkan dilatih dengan baik sejak dini.