pertumbuhan gigi anak

Pertumbuhan Gigi Anak

Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak adalah pertumbuhan gigi anak. Seperti yang kita ketahui secara umum gigi anak yang tumbuh pertama kali merupakan jenis gigi susu yang pada akhirnya akan digantikan dengan gigi dewasa pada saat mereka sudah dewasa nanti. Namun dalam bahasan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai waktu pertumbuhan gigi yang tepat bagi anak-anak sesuai dengan tahapan usianya. Meskipun pada dasarnya saat ini ada beberapa anak yang mengalami keterlambatan tumbuh gigi bahkan ada juga yang tumbuh gigi dengan cepat. Untuk mengetahui apa yang menyebabkan perbedaannya anda dapat mengetahuinya disini.

Pada umumnya sebagian besar anak mengalami pertumbuhan gigi untuk pertama kalinya adalah saat usianya kurang dari 6 bulan. Seperti yang pernah dialami oleh buah hati saya, dia mengalami tumbuh gigi pertama pada saat usianya 5 bulan. Gigi yang pertama muncul adalah gigi seri bagian atas dan tidak lama diikuti oleh gigi yang berada di bawah gigi seri. Tidak lama dari itu tumbuh gigi yang berada di samping gigi seri dilanjutkan sampai ke gigi taring. Memasuki usia1 tahun anak saya sudah memiliki gigi bagian depan yang lengkap meskipun bagian belakangnya belum semua tumbuh. Sebagai orang tua saya sempat khawatir dan mempertanyakan mengapa gigi susunya belum lengkap, ternyata menurut Bidan pertumbuhan gigi anak balita yang lengkap biasanya akan terlihat pada saat anak memasuki usia 2-3 tahun.

Adapun beberapa hal yang bisa mempengaruhi keterlambatan pertumbuhan gigi pada anak-anak, diantaranya adalah :

  • kekurangan vitamin D saat masih berada di dalam kandungan
  • kekurangan kalsium saat berada di dalam kandungan
  • kurang mendapatkan nutrisi dari ASI

Dengan mengetahui beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan gigi anak di atas maka setidaknya sebagai orang tua anda bisa melakukan perbaikan gizi. Namun anda tidak perlu terlalu khawatir jika keterlambatan sudah terlanjur dialami oleh buah hati anda karena tidak akan berpengaruh pada kondisi kesehatannya. Selain itu lama-lama juga gigi akan tetap tumbuh meskipun memang tidak sama waktunya dengan anak lain seusianya.