mitos orang tua dulu tentang anak

Mitos Orang Tua Dulu Tentang Anak

Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali mitos orang tua dulu tentang anak yang masih menjadi tradisi hingga saat ini. Mesipun memang ada beberapa dari mitos tersebut yang sedikit demi sedikit mulai terkuak kebenarannya sehingga pada akhirnya tidak dilakukan lagi. Sebagai orang tua ataupun calon orang tua tentunya anda juga penasaran mengenai mitos-mitos tersebut. Rupanya anda tidak perlu khawatir karena disini saya akan memberikan informasi khususnya untuk anda mengenai mitos apa sajakah yang ternyata tidak benar adanya. Dengan mengetahui kebenarannya secara pasti maka kita juga tidak akan khawatir pada saat memperlakukan anak atau bayi kita yang tidak sesuai dengan nasihat orang tua kita.

Adapun beberapa mitos orang tua dulu tentang anak yang ternyata tidak benar adanya, mitos tersebut diantaranya adalah :

1. Mencolek Pipi Bayi Dengan Cabe Rawit Agar Berlesung Pipit

Mitos seperti ini sangatlah tidak benar mengingat lesung pipit terbentuk karena adanya gerakan pada susunan otot wajah terutama di bagian pipi. Oleh karena itu tidak heran jika ada orang yang memiliki lesung pipit, ada juga yang tidak dikarenakan bentuk wajah yang berbeda-beda.

2. Tidak Boleh Memotong Kuku Bayi Sebelum 40 Hari

Mitos yang satu ini sama-sama tidak benar mengingat justru jika anda membiarkan kuku bayi panjang bisa saja melukai wajahnya. Oleh karena itu anda tetap harus memotong kuku bayi setiap kukunya terlihat panjang meskipun usianya belum genap 40 hari. Hal yang lebih masuk akal adalah anda harus berhati-hati pada saat memotong kukunya karena ukuran tangan bayi masih sangat kecil.

3. Memakaikan Gurita Pada Bayi

Mungkin masih ada beberapa yang melakukan mitos ini karena takut bayinya memiliki bentuk perut yang besar. Padahal memang sudah merupakan hal yang wajar jika perut bayi lebih besar dari dada sehingga orang tua tidak perlu memaksakan kepada bayi agar menggunakan gurita. Hal ini juga sudah dibenarkan oleh beberapa ahli kesehatan bayi karena penggunaan gurita dikhawatirkan bisa menganggu pernafasan bayi.

Itulah beberapa mitos orang tua dulu tentang anak yang tidak benar sehingga ada baiknya tidak dilakukan lagi karena bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk saat ini cara yang terbaik yang harus dilakukan orang tua adalah menjaga dan merawat bayi anda dengan selalu memberikan asupan makanan yang bergizi terutama ASI. Selain menjaga asupan gizinya tentu saja anda juga harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya agar selalu terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. Dengan melakukan perawatan yang demikian maka sekalipun anda tidak mengikuti mitos-mitos orang tua dulu, anak akan tetap tumbuh sehat dan cerdas.