menyesuaikan waktu tidur siang dengan usia anak

Menyesuaikan Waktu Tidur Siang Dengan Usia Anak

Mungkin sebagian besar orang tua banyak yang tidak menyadari jika seharusnya anak melakukan kegiatan tidur siang yang sesuai dengan tahapan usianya. Kebanyakan orang tua melakukan kegiatan ini sebagaimana kondisi anaknya sehingga lamanya anak tidur tergantung pada kemauan anak tersebut. Padahal jika waktu tidur siang anak diatur dengan baik maka anak tersebut akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal, mengingat waktu tidur merupakan waktu yang paling tepat untuk anak dalam mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Oleh karena itu juga dalam ulasan kali ini saya ingin mengajak para orang tua untuk belajar menyesuaikan waktu tidur siang dengan usia anak agar anak kita mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal.

Adapun beberapa tahapan tidur siang untuk menyesuaikan waktu tidur siang dengan usia anak yang bisa menjadi tuntunan bagi para orang tua terutama ibu. Beberapa aturan waktu tersebut diantaranya adalah :

1. Usia 0-8 Minggu

Untuk anak usia 0-8 minggu ada baiknya tidur sebanyak 3-4 kali bahkan lebih dengan jumlah waktu tidur 6-7 jam.

2. Usia 2-6 Bulan

Untuk anak usia 2-6 bulan ada baiknya tidur 5 kali selama kurang lebih 5 jam.

3. Usia 6-8 Bulan

Untuk anak usia 6-8 bulan waktu tidur siang yang baik adalah 2-3 kali sebanyak 3-4 jam.

4. Usia 8-12 Bulan

Untuk anak usia 8-12 bulan waktu tidur siang yang baik adalah 2 kali selama 3 jam.

5. Usia 12-18 Bulan

Untuk anak usia 12-18 bulan waktu tidur siang yang baik adalah 2 kali selama 2 jam.

6. Usia 18 Bulan-3 Tahun

Usia 18 bulan-3 tahun waktu tidur siang yang baik adalah 1 kali selama kurang lebih 2 jam.

7. Usia 4-5 Tahun

Usia 4-5 tahun waktu tidur siang yang baik adalah 1 kali selama 45 menit hingga 2 jam.

Itulah beberapa tahapan untuk menyesuaikan waktu tidur siang dengan usia anak agar bisa menjadi perhatian para orang tua dalam mendidik dan membesarkan buah hatinya dengan baik. Jika anak mendapatkan waktu tidur siang yang cukup maka selain mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik, anak juga akan memiliki riwayat psikologis yang baik. Pastinya semua orang tua juga ingin memiliki anak yang demikian bukan? Untuk itulah semoga informasi ini bisa benar-benar bermanfaat untuk anda semua.