waspadai gejala sakit perut pada anak

Waspadai Gejala Sakit Perut Pada Anak

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh orang tua adalah mewaspadai gejala sakit perut pada anak. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat gejala sakit perut tersebut bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya pada mereka. Untuk itu sebelum terlambat akan lebih baik jika orang tua mengetahui gejala sakit perut yang dialami anaknya lebih awal sehingga pencegahannya juga bisa dilakukan secepat mungkin. Adapun beberapa penyakit yang gejala awalnya berupa gejala sakit perut yang umumnya terjadi pada anak-anak, penyakit tersebut diantaranya adalah :

1. Intususepsi

Intususepsi merupakan nama ilmiah dari usus kecil, gejala ini muncul karena usus tersebut masuk ke bagian usus yang lebih besar. Akibatnya akan terjadi penyumbatan makanan bahkan minuman yang dikonsumsi anak sehingga sulit dicerna. Gejala ini umumnya terjadi pada anak di bawah usia 2 tahun yang ciri-ciri gejala awalnya berupa sakit perut yang datang tiba-tiba dalam waktu 10-15 menit.

2. Volvulus

Penyakit ini lebih dikenal dengan usus terpuntir sehingga jika terjadi tentu membuat anak merasa kesakitan di bagian perut. Penyebab utamanya diketahui karena posisi usus yang salah sehingga pada akhirnya terpuntir. Penyakit ini umumnya dialami anak-anak yang gejalanya berupa nyeri di bagian perut bahkan ada beberapa anak yang mengalami mual bahkan muntah.

Selain kedua penyakit di atas ada juga gejala penyakit perut kronis yang bisa menyerang pada anak-anak. Oleh karena itu pastikan orang tua selalu mewaspadai gejala sakit perut pada anak untuk memastikan jika gejala tersebut bukan merupakan pertanda berbahaya. Untuk mewaspadai gejala sakit perut pada anak anda juga bisa melakukan pencegahan dengan cara selalu memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi kepada anak dan sesuai dengan tahapan usianya.