mengajarkan anak cuci tangan yang baik

Mengajarkan Anak Cuci Tangan Yang Baik

Mengajarkan anak cuci tangan yang baik merupakan salah satu hal yang harus diajarkan kepada anak-anak oleh orang tuanya. Seperti yang kita ketahui hampir 90% penyakit berasal dari tangan yang kotor sehingga menjaga kebersihan tangan sangatlah penting. Apalagi anak-anak umumnya sangat menyukai bermain kotor-kotoran sehingga orang tua harus ekstra protektif dalam hal ini. Namun kita juga jangan sampai membatasi perkembangan anak yang ingin bermain kotor-kotoran karena bisa menghambat perkembangannya. Cara terbaik tentu saja dengan membantu anak untuk selalu menjaga kebersihan tangannya terutama ketika anak tersebut akan menyentuh makanan atau menyentuh mulutnya.

Adapun beberapa cara mengajarkan anak cuci tangan yang baik, yang bisa dilakukan orang tua dengan langkah sebagai berikut :

  • Basahi kedua tangan dengan air.
  • Gunakan sabun pencuci tangan yang berkhasiat mampu membasmi kuman.
  • Bilas kembali dengan menggunakan air sampai bersih.
  • Keringkan tangan dengan menggunakan lap bersih atau mesin pengering.

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan jelly antiseptik untuk dibasahi ke seluruh permukaan tangan. Diamkan beberapa saat agar kandungan antiseptiknya meresap sempurna dan membasmi seluruh kuman yang terdapat di permukaan tangan. Jika anda bisa mengajarkan kebiasaan mencuci tangan yang baik sejak dini kepada anak-anak maka mereka juga akan membiasakan  hal tersebut sampai mereka dewasa.

Dengan mengajarkan anak cuci tangan yang baik maka secara tidak langsung anda juga memberikan perlindungan terhadap anak dari berbagai kuman penyebab penyakit yang disebabkan oleh kuman yang berada di tangan. Anak akan selalu tumbuh sehat dan kuat sehingga pertumbuhan dan perkembangannya juga akan berjalan cepat sesuai dengan tahapan usianya.