cara didikan orang tua yang salah

Cara Didikan Orang Tua Yang Salah

Sudah menjadi kewajiban para orang tua untuk mendidik dan membesarkan anak-anaknya dari mulai sejak lahir sampai mereka mandiri. Setiap orang tua tentu saja memiliki cara mendidik yang berbeda-beda meskipun pada dasarnya tujuan mereka tetap sama yaitu agar anak mereka bisa menjadi orang yang berguna. Sayangnya ada beberapa cara didikan orang tua yang salah sehingga malah membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang tidak baik. Bahkan tidak sedikit anak yang pada akhirnya di benci oleh orang lain karena perilakunya tersebut. Untuk mencegah hal ini terjadi pada anak kita, tentu saja orang tua harus menggunakan cara mendidik yang benar.

Beberapa cara didikan orang tua yang salah kepada anak umumnya merupakan cara didikan yang berlebihan yang awalnya bertujuan membuat anak menonjol. Contoh dari didikan seperti ini diantaranya adalah :

1. Orang Tua Yang Ingin Anaknya Menjadi Pemberani

Pada saat mendidik anak agar menjadi pemberani, orang tua tersebut selalu memberi motifasi dalam segala hal kepada anak. Bahkan ketika anaknya menemukan rasa takut, orang tuaterus mendorong anak tersebut agar tetap bisa melewatinya. Jika didikan seperti ini tidak disertai dengan pengawasan yang baik dari orang tua tentu saja lambat laun anak juga akan salah melangkah. Pada akhirnya anak tetap akan menjadi pemberani namun ia akan berani dalam segala hal bahkan ketika ditantang bertengkar dengan temannya pun anak akan merasa dirinya berani.

2. Orang Tua Yang Ingin Mengajarkan Anaknya Berhemat

Hemat memang merupakan perilaku yang baik dilakukan karena bisa membuat pribadi menjadi rendah diri. Namun jika cara berhemat yang diajarkan orang tua pada anaknya terlalu berlebihan bahkan hingga membuat anak kesulitan ketika dirinya membutuhkan sesuatu tentu bisa menimbulkan dampak yang tidak baik seperti mencuri. Anak akan putus asa karena hal yang di minta kepada orang tuanya tidak digubris dengan alasan hemat, sehingga anak akhirnya nekat mencuri apa yang diinginkannya tersebut. Cara mendidik seperti ini tentu saja bukan disebut sebagai cara mendidik hemat melainkan cara mendidik pelit terhadap anak.

Kedua contoh cara didikan orang tua yang salah di atas tentu saja harus menjadi perhatian khusus bagi orang tua yang merasa dirinya menggunakan cara mendidik seperti itu pada anak-anaknya. Jangan sampai tujuan baik kita berubah menjadi hasil yang tidak baik sehingga jangan sampai berlebihan. Gunakan cara mendidik anak sewajarnya saja jangan sampai terlalu memaksakan kehendak kepada mereka. Jika anda sudah bisa mendidik anak dengan cara yang tepat tentu saja anda juga yang nantinya akan mendapatkan manfaat dari jerih payah anda tersebut.