cara terbaik memberi kritikan kepada anak

Cara Terbaik Memberi Kritikan Kepada Anak

Ada sebagian besar orang tua yang belum memahami cara terbaik memberi kritikan kepada anak sehingga pada akhirnya lebih banyak dari mereka yang emosi saat meluapkan pendapatnya kepada anaknya. Hal seperti ini tentu saja tidak baik karena malah akan menimbulkan dampak negatif terhadap perkembangan anak. Berbeda dengan jika kita memberikan kritikan dengan cara yang baik tentu saja dengan mudah anak juga akan mengerti. Adapun cara terbaik memberi kritikan kepada anak tersebut yaitu dengan beberapa cara di bawah ini :

1. Jelaskan Kepada Anak Mengenai Kesalahannya

Pada saat orang tua akan memberikan kritik terhadap sesuatu hal yang dilakukan anak, tentu saja anda harus menjelaskan hal tersebut secara jelas dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti  oleh mereka. Dengan penyampaian kritik yang demikian tentu saja anak juga nantinya bisa memahami apa yang diinginnkan oleh orang tuanya.

2. Tunjukan Jika Kritik Yang Kita Berikan Tetap Memberikan Perhatian Pada Kondisi Anak

Cara kedua ini bisa dilakukan ketika orang tua melihat kondisi perlengkapan anak yang berantakan padahal anda sudah megajarkannya untuk menyimpan di tempat semula. Anda bisa langsung mengkritiknya dengan kata-kata halus namun anda juga harus menunjukan jika anda juga tetap memperhatikan kondisinya. Misalnya dengan ucapan ” Nak, kamu sangat lelah ya sampai-sampai peralatanmu belum kamu simpan ke tempatnya? “. Dengan cara seperti itu biasanya anak akan merasa malu sendiri sehingga akhirnya ia pun berusaha untuk memperbaiki sikapnya.

3. Memberikan Kritik Dengan Kata-kata Perumpamaan

Pada saat orang tua ingin memberikan kritik kepada anaknya bisa dilakukan dengan ucapan yang menggunakan perumpamaan. Contohnya dengan hal yang masih berkaitan dengan contoh di cara ke dua yaitu ” Nak, seandainya setiap pulang sekolah kamu bisa langsung merapihkan peralatanmu sendiri, pasti ibu sangat bangga sekali “. Ucapan yang demikian tentu saja akan memberikan motifasi yang baik kepada anak sehingga ia juga akan belajar untuk lebih baik lagi.

Itulah beberapa cara terbaik memberi kritikan kepada anak yang bisa menjadi contoh bagi para orang tua. Semoga melalui cara-cara di atas anak bisa mengerti apa yang menjadi harapan dan cita-cita orang tuanya untuk masa depannya.