penyebab ibu hamil muda susah makan

Penyebab Ibu Hamil Muda Susah Makan

Banyak terjadi di kalangan ibu hamil dimana ibu hamil muda susah makan yang disebabkan oleh gejala mual dan muntah yang dialaminya. Gejala mual dan muntah merupakan gejala yang umumnya selalu dialami oleh para ibu hamil di masa awal kehamilannya. Oleh karena itu pada masa-masa ini biasanya Bidan atau Dokter ahli kandungan akan memberikan obat anti mual khusus yang bisa digunakan untuk para ibu hamil muda tidak mau makan berubah menjadi nafsu makan kembali. Gejala yang satu ini sudah seharusnya segera mendapatkan penanganan secepatnya mengingat asupan makanan pada masa awal kehamilan akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan janin.

Adapun beberapa cara untuk menangani permasalahan ibu hamil muda tidak selera makan pada masa seperti ini adalah :

  • Pilih makanan yang tidak membuat ibu merasa mual, misalnya jika ibu mual dengan sayuran ibu bisa memilih daging-dagingan untuk jadi santapan.
  • Jauhkan segala sesuatu yang bisa membuat ibu merasa mual misalnya bau minyak wangi atau bau aroma lainnya.
  • Sajikan makanan dengan bentuk yang menarik sehingga bisa mengundang nafsu makan ibu hamil.

Dengan melakukan beberapa cara di atas kemungkinan bisa membantu permasalahan ibu hamil muda tidak nafsu makan. Selain menggunakan cara di atas pastikan ibu juga selalu mengkonsumsi obat anti mual yang diberikan Bidan atau Dokter yang merawat kandungan ibu untuk mengurangi rasa mualnya. Jika nafsu makan ibu kembali normal tentu saja kesehatan janin juga tidak perlu di khawatirkan mengingat kebutuhan gizinya akan selalu terpenuhi dengan baik. Pada saat-saat seperti ini juga ada baiknya semua keluarga terdekat terutama suami harus selalu memotifasi istrinya yang tengah hamil agar bisa melewati masa-masa rawan di awal kehamilan seperti gejala mual dan muntah ini.

Setelah mengetahui penyebab dan cara meningkatkan nafsu makan ibu hamil di atas tentunya bisa menjadi pembelajaran bagi para ibu hamil atau bagi para suami agar bisa membantu mencarikan solusi untuk istrinya yang tengah mengandung. Pastikan para suami juga selalu siaga mendampingi istrinya mengingat masa kehamilan merupakan masa yang cukup rawan terutama jika kehamilan yang terjadi pada istri tersebut merupakan kehamilan yang pertama.