rujak makanan favorit ibu hamil muda

Rujak Makanan Favorit Ibu Hamil Muda

Pada umumnya banyak sekali wanita yang pada masa awal kehamilannya sanat menyukai rujak. Beberapa dari mereka beralasan jika rujak bisa membantu mengurangi rasa mual dan muntah yang merupakan gejala yang sering mereka rasakan di awal kehamilan. Rasa rujak yang umumnya terasa manis, asam dan segar membuat ibu hamil merasa segar apalagi jika dikonsumsi saat udara terasa panas. Namun meskipun demikian ibu hamil harus mengetahui sebenarnya bolehkah ibu hamil muda makan rujak? Mengingat ada beberapa yang mengatakan jika makanan yang  satu ini memiliki resiko terhadap kehamilan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai aturan ibu hamil muda makan rujak tentu saja kita harus melihat beberapa pendapat dari para ahli yang tentunya lebih mengetahui hal ini. Setelah melihat beberapa pendapat para ahli tersebut pada umumnya tidak ada larangan bagi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi rujak. Namun ada beberapa saran dan masukan dari para ahli agar rujak tersebut tidak menimbulkan efek yang berbahaya pada kesehatan tubuh ibu maupun janinnya. Saran yang pertama adalah pastikan bahan buah yang akan digunakan untuk rujak merupakan buah-buahan yang masih segar. Jika ibu bisa memilih buah-buahan yang masih segar tentu saja ibu juga bisa mendapatkan kandungan vitamin yang terdapat dalam buahnya. Selain itu sebelum mengkonsumsi rujak ada baiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan padat terlebih dahulu seperti nasi atau roti. Yang terakhir ada baiknya membuat bumbu rujak jangan sampai terlalu pedas karena bisa memicu terjadinya diare.

Setelah mengetahui aturan di atas tentunya sebagai ibu hamil ada baiknya kita mengikuti saran tersebut. Dengan begitu sekalipun ibu hampir setiap hari mengkonsumsi makanan rujak, kesehatan ibu dan janin akan selalu tetap terjaga dengan baik. Hal penting yang perlu diketahui oleh para ibu hamil jika sebenarnya tidak ada pantrangan makanan apapun bagi mereka selama cara mengkonsumsinya menggunakan batasan yang sewajarnya. Mulai dari makanan camilan, makanan berat hingga makanan jenis rujak seklaipun tidak akan menimbulkan efek apapun pada kandungan jika ibu menggunakan batasan saat mengkonsumsinya atau tidak berlebihan.