pernahkah anda mengajak anak bermain kotor-kotoran?

Pernahkah Anda Mengajak Anak Bermain Kotor-Kotoran?

Sebagai orang tua pernahkah anda mengajak anak bermain kotor-kotoran? Pastinya sebagian besar jawaban dari para orang tua banyak yang menjawab tidak pernah. Bahkan ada sebagiannya lagi yang menyatakan jika hal ini justru dianggap sebagai salah satu hal yang sangat dilarang untuk dilakukan anak-anaknya. Entah apa yang menjadi alasan para orang tua ini melarang anaknya bermain kotor-kotoran meskipun sebenarnya bermain kotor-kotoran merupakan salah satu hak setiap anak. Namun kebanyakan dari anak harus menelan pil pahit karena larangan dari orang tuanya yang lebih mementingkan kepentingan diri sendiri dibandingkan memikirkan hak anaknya.

Hal itu juga yang kebetulan akan saya bahas dalam ulasan kali ini agar bisa menjadi pertimbangan dan pembelajaran bagi para orang tua untuk kedepannya. Sebelumnya banyak orang tua yang melarang anaknya agar tidak bermain kotor-kotoran karena 2 alasan yaitu :

  • Orang tua tidak ingin jika kondisi rumah dan pakaian anak menjadi kotor
  • Orang tua khawatir akan adanya kuman dan bakteri dari kotoran yang bisa masuk ke dalam tubuh anak

Melihat kedua alasan di atas memang sangat masuk akal namun sayangnya ada salah satu alasan yang dianggap sebagai keputusan yang sangat egois bagi orang tua. Sebenarnya orang tua tidak perlu beralasan demikian jika orang tua sudah tau jika sebenarnya bermain kotor-kotoran itu baik. Alasannya sangat berkaitan dengan alasan orang tua melarang anaknya bermain yang khawatir anaknya terkena kuman dan bakteri dari kotorannya. Padahal membiarkan anak bermain kotor-kotoran bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap kuman dan bakteri yang terdapat dalam kotoran tersebut. Hal yang paling penting dilakukan orang tua jika tidak ingin anaknya terkena kuman atau bakteri bisa dilakukan dengan mengajak anaknya untuk membiasakan diri untuk segera membersihkan seluruh tubuhnya setelah bermain kotor-kotoran. Dengan cara seperti ini maka anak akan mendapatkan  manfaat terbaiknya dari kegiatan bermain kotor-kotoran yang dilakukannya.

Dengan melihat keterangan di atas tentunya sudah jelas jika pada dasarnya bermain kotor-kotoran memang baik dilakukan oleh setiap anak. Selama kotoran yang dimainkan anak tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya maka biarkan saja ia berkreasi sesuka hatinya. Selain lebih sehat anak juga akan selalu merasa senang dan bahagia sehingga pertumbuhan dan perkembangannya juga akan berjalan maksimal.