3 Manfaat Tidur Siang Untuk Balita

3 Manfaat Tidur Siang Untuk Balita

Tidur siang merupakan salah satu agenda kegiatan sehari-hari yang baik dilakukan oleh semua orang terutama anak balita. Hal itu juga yang kebetulan akan saya bahas disini yaitu mengenai manfaat tidur siang untuk balita. Pada umumnnya anak yang masih berusia balita selalu diajak ibunya untuk tidur siang agar menjadi kebiasaan baiknya sampai usianya dewasa nanti. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai manfaatnya anda bisa melihat langsung 3 manfaat tidur siang untuk balita yang akan saya bahas disini diantaranya adalah :

1. Meningkatkan Daya Ingat

Seperti yang kita ketahui pada umumnya anak-anak sedang mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang cepat. Salah satu prosesnya yaitu pertumbuhan dan perkembangan sel saraf otak yang tentunya akan berpengaruh juga pada daya ingatnya. Untuk membantu memaksimalkannnya kegiatan tidur siang dipercaya bisa membantu dalam meningkatkan daya ingat anak tersebut.

2. Mencegah Dan Mengurangi Stres

Ada beberapa anak yang mengalami stres yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah sikap orang tua. Biasanya sikap orang tua yang membuat anak mengalami stres adalah karena orang tua terlalu banyak menekan anaknya padahal usia anaknya masih balita. Hal itulah yang bisa menimbulkan gejala stres pada anak tersebut. Dengan tidur siang dipercaya dapat membantu mengurangi anak yang sedang mengalami rasa demikian karena pada saat tidur anak akan merasa lebih tenang dan nyaman. Selain tidur siang, orang tua juga harus merubah sikap memperlakukan anak agar mencegah gejala stres ini terjadi pada buah hatinya.

3. Meningkatkan Fungsi Indera Dan Kreatifitas

Manfaat tidur siang untuk balita selanjutnya adalah mampu meningkatkan fungsi panca indera sehingga meningkatkan kreatifitasnya. Seperti yang kita ketahui ada 5 panca indera yang dimiliki oleh setiap orang termasuk anak-anak. Masing-masing alat indera tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dan semuanya saling bekerja sama dalam aktifitas yang dilakukan seseorang. Semua panca indera ini bisa bekerja dengan baik jika anak balita dibiasakan untuk tidur siang setiap hari minimal 30 menit. Waktu tersebut sangat baik untuk membuat panca indera beristirahat sejenak setelah sebelumnya bekerja.

Dengan mengetahui informasi di atas tentunya sudah jelas mengapa anak-anak selalu disarankan agar tidur siang setiap hari. Sebenarnya orang dewasa juga sama-sama disarankan untuk melaukan hal ini namun seiring dengan bertambahnya aktifitas banyak yang akhirnya meninggalkan kebiasaan ini. Sekalipun demikian yang terpenting setiap harinya semua orang harus beristirahat pada malam hari selama waktu yang telah ditentukan dari ahli kesehatan.