4 tips menjaga daya tahan tubuh anak

4 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Pada umumnya anak-anak dikenal memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah, sehingga tidak heran jika pada masa ini anak akan sering sakit. Namun meskipun demikian sebagai orang tua tentu saja anda juga tidak ingin bukan jika anak anda terus menerus sakit karena akan menimbulkan dampak yang berbahaya. Salah satu dampak yang terjadi jika anak sering sakit-sakitan adalah pertumbuhan dan perkembangannya akan berjalan lamban. Jika anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang lamban tentu saja kemampuannya juga akan berada di bawah anak lain seusianya sehingga tidak heran jika hal ini dianggap sebagai hal yang berbahaya. Untuk mencegah hal ini terjadi pada buah hati anda bisa mengikuti beberapa tips menjaga daya tahan tubuh anak yang bisa anda lakukan dalam kegiatan sehari-hari. Adapun 4 tips menjaga daya tahan tubuh anak yang kebetulan akan saya informasikan kali ini yaitu :

1. Menjaga Asupan Makanan

Sejak terlahir ke dunia anak sudah langsung mendapatkan asupan yang disesuaikan dengan tahapan usianya yang diberikan oleh orang tuanya. Asupan terbaik tentu saja asupan yang memiliki kandungan vitamin dan berbagai nutrisi penting di dalamnya. Dengan asupan yang demikian maka kebutuhan gizi anak juga akan selalu terpenuhi dengan baik sehingga anak akan selalu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang bisa datang kapan saja.

2. Menjaga Kebersihan Tubuh

Selain menjaga kesehatan tubuh bagian dalam, orang tua juga harus mengajarkan anaknya untuk menjaga kesehatan tubuh bagian luar. Menjaga kesehatan tubuh bagian luar tentu saja dilakukan dengan cara menjaga kebersihannya melalui kegiatan mandi. Ajarkan anak untuk mandi minimal 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari dengan menggunakan air bersih dan sabun. Selain mandi jangan lupa juga untuk mengajarkan anak menggosok gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya.

3. Memberikan Vitamin Setiap Hari

Selain memberikan asupan makanan bergizi, orang tua juga bisa memberikan vitamin khusus kepada anak yang baik dikonsumsinya setiap hari. Salah satu vitamin yang dikenal bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah vitamin C.

4. Rutin Memeriksakan Kondisi Kesehatan Anak

Salah satu penyakit yang rentan sekali dialami oleh anak-anak adalah gejala cacingan. Oleh karena itu untuk memastikan anak anda selalu terhindar dari gangguan kesehatan yang satu ini orang tua harus rutin memeriksakan anaknya ke Dokter. Dengan cara seperti ini maka sekalipun anak terdeteksi terkena penyakit cacing bisa langsung ditangani sejak dini.

Itulah beberapa tips menjaga daya tahan tubuh anak yang bisa dilakukan oleh para orang tua. Jangan sampai anda melewatkan tips-tips di atas untuk kebaikan buah hati anda tercinta agar pertumbuhan dan perkembangannya berjalan maksimal. Semoga dengan adanya informasi ini bisa memberikan kesadaran untuk para orang tua agar senantiasa merawat dan menjaga buah hatinya dengan baik.