9 tahapan perkembangan kehamilan

9 Tahapan Perkembangan Kehamilan

Sebagian besar ibu hamil tentu saja selalu ingin mengetahui secara detail mengenai tahapan perkembangan kehamilan yang dialaminya. Oleh karena itu juga dalam ulasan kali ini saya akan mencoba memberikan informasi mengenai hal ini dalam tema 9 tahapan perkembangan kehamilan. Mungkin dengan mengetahui hal ini bisa menjadi motifasi bagi para ibu untuk memberikan perawatan yang optimal pada janin yang dikandungnya. Untuk mengetahui lebih jelasnya mari kita langsung saja membahas mengenai tahapan perkembangan ini diantaranya adalah :

1. Janin Usia 1 Bulan

Tahapan perkembangan yang pertama yaitu pada saat janin memasuki usia 1 bulan atau  disebut juga dengan usia kehamilan 4 minggu. Pada tahapan ini umumnya janin berukuran 0,8 inci dan sudah ada beberapa organ tubuh yang terbentuk seperti tulang rusuk serta pembuluh saraf otak yang mulai menutup.

2. Janin Usia 2 Bulan

Pada usia 2 bulan kondisi janin sudah mengalami kemajuan, ukurannya naik menjadi 1 inci. Selain itu janin juga sudah mengalami perkembangan yang cukup baik yaitu pankreas dan gallbladder yang sudah berkembang.

3. Janin Usia 3 Bulan

Pada usia 3 minggu janin sudah memiliki berat badan yang berbobot seiring pertumbuhan kuku dan wajah yang terlihat lebih nyata.

4. Janin Usia 4 Bulan

Pada perkembangan usia 4 bulan, janin sudah bisa bergerak aktif meskipun gerakannya tersebut belum sepenuhnya bisa dirasakan ibu. Pertumbuhan tengkorak janin juga sudah semakin solid  dan langit-langit janin pun hampir terbentuk sempurna.

5. Janin Usia 5 Bulan

Memasuki usia kehamilan 5 bulan, janin mulai bisa merespon jika ada cahaya yang mengenai matanya. Salah satu kemampuan yang dialaminya pada usia kehamilan ini adalah ia sudah bisa menelan.

6. Janin Usia 6 Bulan

Pada usia 6 bulan janin sudah mengalami perkembangan yang semakin baik, seperti  perkembangan pada bagian kelopak mata, tumbuh bulu halis dan bulu mata yang semakin nyata.

7. Janin Usia 7 Bulan

Pada usia 7 bulan janin hampir terbentuk sempurna, mulai dari bentuk kepala, tangan, kaki yang sudah mulai jelas kenampakannya. Organ dalam tubuhnya juga sudah bisa bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya masing-masing.

8. Janin Usia 8 Bulan

Perkembangan janin usia 8 bulan ditandai dengan bentuk jari tangan dan kaki yang sudah terbentuk sempurna. Pada bagian mata ia sudah bisa berkedip-kedip sebagai respon terhadap hal yang dilihatnya.

9. Janin Usia 9 Bulan

Perkembangan janin usia 9 bulan pada umumnya merupakan tahap penyempurnaan. Pada usia ini janin mulai mengalami pergerakan ke arah mulut rahim seiring dengan waktu persalinan berlangsung.

Setelah melihat tahapan perkembangan kehamilan di atas tentu saja bisa menjadi gambaran bagi para ibu hamil untuk mengetahui proses pertumbuhan janinnya. Dengan mengetahui hal ini juga tentunya ibu bisa melakukan hal yang bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin agar berjalan maksimal.