3 akibat merokok yang akan terjadi pada janin

Jika Ibu Memiliki Kebiasaan Merokok Saat Hamil, Ini 3 Akibat Yang Akan Terjadi Pada Janin

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, merokok merupakan kegiatan yang sangat tidak baik dilakukan oleh siapapun karena kegiatan ini sangat merusak kesehatan. Namun entah bagaimana pemikiran orang-orang yang masih tetap saja melakukan kebiasaan ini, seolah mereka merasa jika rokok yang dihisapnya setiap hari merupakan makanan pokok yang menyehatkan baginya. Bahkan parahnya lagi ada beberapa wanita yang tetap melakukan kebiasaan buruk ini sekalipun kondisinya tengah hamil. Hal ini tentu saja akan berbahaya bagi ibu hamil maupun janin yang ada dalam kandungannya. Untuk lebih jelasnya disini saya akan memberikan informasi mengenai 3 akibat merokok yang akan terjadi pada janin jika ibunya memiliki kebiasaan buruk ini. Adapun 3 akibat merokok yang akan terjadi pada janin tersebut diantaranya adalah :

1. Menyebabkan Bayi Terlahir Prematur

Pada umumnya semakin bertambah usia kehamilan, maka janin juga akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal setiap bulannya. Salah satu hal yang mengalami perubahan dapat dilihat dari berat badannya yang semakin hari tentu saja akan semakin naik besarannya. Namun kondisi ini akan berbanding terbalik dengan janin yang ada dalam kandungan ibu hamil yang memiliki kebiasaan merokok. Semakin banyak ibu hamil menghisap rokok maka akan semakin banyak daging yang menghilang dari janin yang pada akhirnya mengakibatkan berat badan janin terus mengalami penurunan. Hal ini yang pada akhirnya menyebabkan kelahiran bayi prematur dimana berat badan bayi jauh dari batas normal.

2. Janin Akan Mengidap Kelainan Paru-paru

Paru-paru merupakan organ tubuh yang pertama kali mendapatkan dampak untuk orang yang memiliki kebiasaan merokok. Tidak heran jika janin yang terlahir dari ibu hamil yang perokok akan mengalami kelainan pada paru-parunya sehingga ia harus mendapatkan perawatan intensif. Bahkan setelah dewasa nanti anak juga berkemungkinan mengidap penyakit pernafasan seperti asma dan paru-paru basah.

3. Kecerdasan Janin Rendah

Selain berpengaruh pada organ dalam tubuh yang berkaitan dengan sistem pernafasan ternyata kebiasaan merokok pada ibu hamil juga mengakibatkan otak janin berjalan lamban yang tentu saja membuat kecerdasannya rendah. Bahkan di masa depannya anak tersebut akan memiliki IQ rendah di bawah rata-rata yang merupakan salah satu dampak jangka panjang dari kebiasaan buruk yang dilakukan ibu kandungnya sendiri.

Setelah mengetahui 2 akibat merokok yang akan terjadi pada janin seperti di atas tentu saja ada baiknya buang kebiasaan buruk anda sebelum terlambat. Jangan sampai anda membiarkan kesehatan anda disia-siakan oleh kebiasaan buruk tersebut yang pada akhirnya bisa berakibat buruk juga pada janin anda.