Resiko Kehamilan Di Usia 40 Tahun

Resiko Kehamilan Di Usia 40 Tahun

Kehamilan merupakan masa dimana seorang wanita tengah mengandung janin yang merupakan buah cinta ia bersama pasangannya. Pada umumnya kehamilan normal akan berjalan selama kurang lebih 9 bulan sampai bayi terlahir ke dunia. Pada masa ini juga ada banyak sekali resiko kehamilan yang bisa dialami oleh setiap ibu hamil. Oleh karena itu ibu hamil harus bisa menjaga dan merawat kandungannya dengan sebaik mungkin. Berkaitan dengan hal ini ternyata faktor usia juga bisa mempengaruhi resiko kehamilan. Menurut para ahli semakin tua usia ibu hamil maka akan semakin banyak resiko kehamilan yang mungkin bisa dialaminya. Oleh karena itulah dalam ulasan informasi kali ini saya akan membahas mengenai resiko kehamilan di usia 40 tahun yang penting diketahui oleh para wanita.

Mungkin sebagian besar dari anda juga pernah mendengar saran bidan dan Dokter yang menyarankan agar wanita mengalami hamil maksimal usia 35 tahun supaya tidak tinggi resikonya. Lantas sebenarnya apa saja yang menjadi resiko kehamilan di usia 40 tahun yang menbuat para ahli menyarankan demikian. Setelah melihat beberapa pendapat dari beberapa ahli kandungan ternyata ada beberapa resiko yang mungkin terjadi diantaranya adalah :

1. Keguguran

Usia 40 tahun merupakan usia yang bisa dikatakan sebagai awal setiap orang memasuki masa tuanya. Oleh karena itu tidak heran ada beberapa orang yang ketika memasuki usia ini mereka langsung mengalami berbagai gangguan kesehatan. Hal itulah yang dikhawatirkan bisa membuat ibu hamil di usia ini bisa mengalami keguguran. Apalagi jika ibu hamil ini juga sebelumnya tidak pernah menjalankan pola hidup sehat yang baik sehingga sudah dipastikan bisa berpengaruh buruk pada pertumbuhan dan perkembangan janinnya.

2. Ibu Meninggal Setelah Melahirkan

Resiko yang satu ini dikatakan sebagai resiko yang paling berat diantara resiko lainnya. Sekalipun bayi terlahir ke dunia dengan selamat namun nyawa ibunya sendiri tidak bisa diselamatkan. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya diantaranya adalah ibu kehabisan darah dan terjadi kontraksi yang membuat ibu tidak sanggup menahan rasa sakitnya.

Kedua resiko kehamilan di usia 40 tahun seperti di atas merupakan 2 dari beberapa resiko yang harus ibu perhatikan. Namun untuk ibu yang saat ini berusia 40 tahun dan kebetulan tengah mengandung, ibu juga tidak perlu khawatir dengan berbagai resiko di atas. Agar kandungan ibu bisa selalu terjaga dengan baik jalankan pola hidup sehat dengan sebaik mungkin. Jangan terlalu banyak melakukan pekerjaan berat dan banyak-banyak beristirahat agar ibu selalu sehat dan kuat selama masa kehamilan ini. Jika terjadi gejala yang membuat ibu merasa khawatir segera periksakan kandungan ibu ke Bidan atau Dokter untuk menghindari adanya sesuatu yang bisa membahayakan kandungan ibu. Semoga dengan adanya informasi ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua terutama para wanita yang umumnya akan mengalami kehamilan.