Red blood cells

Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil

Anemia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi karena kandungan sel darah merah atau hemoglobin seseorang beerada di bawah angka normal. Sekilas gejala ini merupakan gangguan kesehatan yang biasa namun ternyata jika dibiarkan terus menerus maka bisa sangat berbahaya. Hal ini berkaitan dengan fungsi sel darah merah itu sendiri yang memiliki peran mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Mungkin anda semua juga bisa membayangkan bagaimana jika di dalam tubuh anda tidak terdapat sel darah merah. Apalagi jika gangguan kesehatan ini menimpa ibu hamil yang seharusnya bisa menjaga kondisi kesehatannya dengan sebaik mungkin. Berkaitan dengan hal ini juga dalam informasi kali ini saya akan membahas mengenai bahaya anemia pada ibu hamil yang penting anda ketahui.

Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil

Untuk para ibu hamil yang mengalami gejala anemia yang tidak terlalu parah mungkin gejalanya hanya akan mudah terasa lelah saja. Namun jika kandungan sel darah merah dalam tubuh ibu terus menerus berkurang maka bisa menyebabkan kematian. Selain berpotensi kematian tentu saja pengaruh juga akan terkena pada pertumbuhan dan perkembangan janin. Adapun beberapa pengaruh berbahaya pada janin yang dikandungnya yaitu :

1. Kelahiran Prematur

Ibu yang mengalami anemia yang parah berkemungkinan melahirkan bayi secara prematur. Melahirkan prematur merupakan proses kelahiran sebelum waktu kelahiran normal tiba. Misalkan ibu melahirkan bayi pada usia kandungan di bawah 8 bulan sehingga berat badan bayi pun kemungkinan jauh dari berat badan normal.

2. Menghambat Perkembangan Otak Janin

Selain berpengaruh pada kondisi fisiknya, anemia pada ibu hamil juga bisa berpengaruh pada sistem kerja otak janin. Pertumbuhan dan perkembangan otak janin akan berjalan lamban karena kurang mendapatkan asupan oksigen dari ibunya.

Melihat kedua bahaya anemia pada ibu hamil seperti di atas tentunya anda juga tidak ingin bukan jika hal-hal tersebut terjadi pada kandungan anda. Oleh karena itu jagalah selalu kondisi kesehatan selama kehamilan dengan sebaik mungkin. Adapun cara mudah untuk menghindari agar ibu selalu terhindar dari anemia yaitu dengan banyak mengkonsumsi asupan makanan yang bergizi serta mengkonsumsi pil penambah darah secara rutin.