Ciri Anak Yang Tidak Sehat

Sebagai orang tua terutama ibu terkadang terpikir oleh kita mengenai buah hati kita. Apakah buah hati kita termasuk anak yang sehat atau tidak? Karena sebenarnya pada dasarnya anak yang sehat tidak bisa ditentukan oleh salah satu hal saja. Begitu juga sebaliknya seorang anak tidak bisa dinyatakan sebagai anak yang tidak sehat karena satu alasan saja. Berkaitan dengan hal ini juga saya tertarik untuk membahas ulasan mengenai ciri anak yang tidak sehat dan perbedaannya dengan anak yang sehat. Dengan adanya informasi kali ini mungkin saja bisa membantu para ibu untuk memberikan penilaian kepada buah hatinya.

Ciri Anak Yang Tidak Sehat

Sebelumnya banyak masyarakat yang beranggapan jika anak yang tidak sehat selalu terlihat kotor. Namun ternyata hal tersebut belum bisa menjadi alasan yang tepat untuk menilai mereka. Untuk itulah anda bisa mempelajari ciri-cirinya disini yang diambil berdasarkan beberapa keterangan para ahli. Adapun ciri-ciri tersebut diantaranya adalah :

1. Anak Mengalami Pertumbuhan Dan Perkembangan Yang Lamban

Jika ibu memiliki anak yang susah sekali mengalami kenaikan berat badan bahkan disertai dengan terlambatnya perkembangan anak tersebut maka ibu harus waspada. Hal ini merupakan salah satu ciri yang bisa menunjukan jika anak ibu tidak sehat. Anak yang sehat biasanya akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik sesuai dengan tahapan usianya.

2. Anak Sering Sakit

Selain mengalami pertumbuhan dan perkembagan yang lamban, anak yang tidak sehat juga cenderung akan sering sakit. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh anak tersebut sangat lemah sehingga berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit pun mudah masuk ke tubuhnya. Hal ini tentu saja akan berpengaruh juga pada pertumbuhan dan perkembangannya. Bahkan lebih bahayanya lagi anak yang tidak sehat beresiko mengalami kematian muda.

3. Anak Terlihat Kurang Aktif

Sebagai ibu anda harus bisa membedakan anak yang kurang aktif dengan anak yang pendiam. Anak yang kurang aktif biasanya akan melakukan sesuatu dalam waktu yang lama. Tidak seperti anak yang pendiam ia akan melakukan sesuatu dengan cepat sebagaimana anak lain, hanya saja ia akan lebih banyak diam dalam arti tidak banyak bicara. Untuk anak yang tidak aktif atau kurang aktif artinya anak tersebut mengalami gangguan pada tubuhnya karena cenderung merasa mudah lelah.

Jika ibu memiliki anak yang mengalami salah satu ciri anak yang tidak sehat seperti di atas tentu saja ada baiknya ibu segera melakukan penanganan. Penanganan pertama bisa dilakukan dengan memeriksakan kondisi kesehatan anak ke Dokter. Setelah itu perbaiki asupan gizi yang biasa anda berikan kepadanya. Jangan sampai anak tidak mendapatkan asupan gizi yang maksimal karena hal seperti ini bisa terus terjadi.