Pendarahan Saat Hamil

Waspadai Pendarahan Saat Hamil

Pendarahan saat hamil bisa jadi indikasi masalah serius. Meskipun jarang terjadi, hal seperti ini masih disikapi sebagai “hal biasa” bagi sebagian ibu yang tengah mengandung.

Pendarahan saat hamil bagi sebagian ibu yang mengandung adalah hal yang tak membahayakan. Beberapa berpikir dan menyimpulkan darah tersebut muncul sebagai gejala akhir menstruasi menjelang puncak kehamilan bahkan ada yang menyimpulkan menstruasi bisa saja terjadi saat tengah hamil. Padahal ini tentu anggapan yang salah. Menurut banyak ahli kandungan, medis dan dokter kandungan, tidak mungkin seseorang yang hamil mengalami menstruasi. Selain itu bukannya menstruasi, bisa jadi munculnya pendarahan adalah suatu yang serius dan mesti ditindaklanjuti. Munculnya pendarahan bisa jadi sangat berisiko pada kondisi keselamatan sang ibu hamil dan janin di perutnya sendiri.

Maka ada baiknya bila terjadi pendarahan saat hamil, segera waspada dan segera berkonsultasi pada dokter. Kebanyakan ibu mengandung baru menghubungi dokter kandungan ketika sudah terjadi beberapa kali pendarahan, maka ada baiknya sudah menghubungi dokter kandungan saat pertama pendarahan terjadi. Dengan adanya pengecekan secara langsung, maka dokter dapat mengetahui apa yang terjadi pada kondisi ibu hamil secara keseluruhan : apakah itu hanya pendarahan biasa karena kelelahan atau tekanan beban pikiran atau pendarahan berisiko yang bisa mempengaruhi kondisi janin. Dengan tindakan yang cepat dan selalu waspada, maka masalah pendarahan seperti ini bisa ditangani dengan maksimal serta semoga tak membahayakan kondisi sang janin di dalam perut.