Usia Hamil 9 Bulan

Yang Harus Diperhatikan Saat Usia Hamil 9 Bulan

Usia hamil 9 bulan bisa dibilang adalah usia kehamilan yang begitu menentukan untuk sang ibu yang tengah mengandung tersebut. Ini adalah usia terakhir sebelum berlangsungnya proses persalinan yang berarti harus benar-benar diperhatikan oleh sang ibu dan oleh suami yang mendampinginya. Lalu apa saja yang harus diperhatikan?

Di usia hamil 9 bulan, ibu yang tengah mengandung memang diwajibkan menghentikan semua aktivitasnya baik padat maupun ringan. Bahkan untuk ke kamar mandi saja, ada baiknya sang ibu dikawal dan didampingi oleh pengasuh atau suaminya sendiri. Jangan pula membiarkan sang ibu yang tengah mengandung dalam keadaan pikiran tertekan, stres atau pusing. Jaga selalu kesehatannya dan biarkan ia tetap rileks, merasa nyaman dan tenang sebelum melewati proses persalinan. Bila pikirannya terbebas dari tekanan dan beban, maka ia akan sepenuhnya merasa aman dan siap melahirkan bayinya yang sehat.

Di usia hamil 9 bulan juga diwajibkan untuk keep in touch atau menjaga kontak dengan dokter yang akan menangani proses persalinan. Ini agar pada waktu mendesak, mendadak, genting atau tiba-tiba, dokter dapat memberi penanganan yang tepat ketika kita bisa menghubunginya secara cepat. Ini juga adalah bulan dimana ibu dan suami sudah menentukan akan melakukan proses persalinan di tempat yang diinginkan, di rumah sakit mana dan mungkin bisa juga mengatur waktu yang tepat bila ingin tanggal lahir tertentu untuk sang jabang bayi. Dengan segala persiapan yang matang ini tentu dijamin bayi yang akan lahir adalah bayi yang sehat dan selamat seperti yang telah ditunggu-tunggu oleh sang ibu dan suami tercinta. Semoga!