Edukasi Jantung Koroner Untuk Pencegahan

Edukasi jantung koroner penting sekali anda pelajari mengingat banyak sekali penyebab timbulnya penyakit ini yang sering kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah asap rokok yang tentunya sudah diumumkan oleh pemerintah jika merokok sangat merugikan kesehatan baik untuk perokok pasif maupun perokok aktif. Sayangnya banyak masyarakat yang belum benar-benar menyadari hal itu karena kebanyakan dari mereka yang berpikir seenaknya saja.

 

Akibatnya bukan hanya bagi mereka yang merokok namun orang yang berada di dekat mereka yang terkena asap rokonya juga bisa terkena imbasnya. Salah satunya adalah timbul penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner. Dalam edukasi jantung koroner dinyatakan jika penyakit ini terjadi akibat terjadinya arteriosclerosis karena dinding pembuluh darah arteri koroner mengalami penebalan akibat penumpukan kotoran termasuk dampak dari rokok.

 

Arteriosclerosis itu sendiri dapat menyebabkan aliran darah tersumbat sehingga terjadi kerusakan pembuluh. Rasa sakit yang ditimbulkannya juga bisa datang secara tiba-tiba bahkan bisa langsung mengakibatkan kematian. Hal itu terjadi karena aliran darah yang tersumbat dan kemudian sama sekali tidak dapat diperbaiki alirannya saat itu juga. Maka tidak heran banyak masyarakat yang meninggal secara tiba-tiba akibat terkena serangan jantung ini.

 

Untuk mencegah terjadi pada anda maka yang paling penting adalah menerapkan pola hidup sehat mulai dari diri sendiri. Salah satunya adalah dengan selalu menghindari rokok maupun asapnya . Kemudian rajin-rajinlah berolah raga dan makanlah makanan yang bergizi dan kurangi asupan makanan yang berlemak. Aktifitas fisik  yang baik dipercaya dapat meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan faktor resiko koroner. Bagaimana apakah anda sudah mengerti edukasi jantung koroner yang saya jelaskan, lalu apa pendapat anda mengenai hal ini?