Edukasi Penyakit Gastritis Pada Lambung

Edukasi penyakit gastritis sengaja dibuat agar masyarakat dapat mengetahui jenis penyakit yang berawal dari gangguan lambung ini. Seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali orang-orang yang mengalami sakit maag yang berkepanjangan. Mulai dari remaja, orang dewasa hingga orang tua sekalipun anyak yang mengeluhkan gejala ini. Pada umumnya penyebab utamanya hal ini terjadi karena kebiasaan pola makan yang mereka lakukan tidak teratur.

 

Pada dasarnya sebenarnya penyakit maag terbagi menjadi 2 jenis yaitu gastritis akut dan gastritis kronis. Mungkin ada sebagian dari anda yang baru mendengar kata gastritis ini sehingga saat ini saya akan mengajak anda untuk mengenal edukasi penyakit gastritis lebih dalam. Namun selain kedua jenis penyakit maag di atas masih banyak lagi jenis penyakit maag lainnya seerti maag yang gejalanya cukup ringan karena asam lambungnya belum terlalu parah.

 

Untuk jenis yang pertama yaitu gastritis akut terjadi karena adanya mikroorgaisme yang masuk dalam tubuh sehingga lambung akan bereaksi. Biasanya timbul gejala seperti terasa panas dan mengalami pembengkakan di bagian organ-organ tubuh tertentu. Namun hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab utama penyakit gastritis jenis ini. Sedangkan untuk jenis yang kedua yaitu gastritis kronis merupakan gejala yang timbul pada penderita penyakit maag kronis.

 

Gejala-gejala yang biasanya timbul saat penderitanya mengalami gangguan ini diantaranya adalah perih di bagian perut terutama lambung. Selain itu penderita akan merasa sakit saat buang air besar, timbul gejala mual dan muntah, sering merasa lapar dan perut kembung. Ada juga beberapa yang sering bersendawa secara tiba-tiba dan berlangsung terus menerus. Bagi anda yang sudah paham dengan edukasi penyakit gastritis ini adakah gejala lainnya yang anda ketahui?